Cara Menghadapi Mertua yang Selalu Ikut Campur dengan Bijak

Cara menghadapi mertua

Tidak Perlu Emosi, Ini Cara Menghadapi Mertua yang Selalu Ikut Campur

Sebuah ikatan pernikahan tidak hanya menyatukan pasangan pria dan wanita, melainkan menyatukan seluruh keluarga besar. Namun, tidak semua orang bisa mendapatkan seorang mertua yang baik dan mau menghargai menantunya.

Ada juga mertua yang menganggap menantunya tidak becus sehingga merasa wajar jika ikut mengatur urusan rumah tangga anaknya. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus bisa menemukan cara menghadapi mertua yang selalu ikut campur dengan bijak.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini cara menghadapi sikap mertua yang terlalu ikut campur dalam urusan rumah tangga agar tidak menimbulkan masalah yang berkepanjangan.

  1. Pahami Keinginan Mertua

Cara paling bijak yang bisa Anda lakukan adalah dengan memahami apa keinginan mertua. Ada kemungkinan apa yang diutarakan tersebut merupakan hal yang baik. Hanya saja, mungkin dari cara penyampaian atau hal lain yang tidak sejalan dengan pikiran Anda. Bagaimanapun juga, mertua merupakan orang tua Anda juga yang harus dihormati dan disayangi. Jika memungkinkan dan memang baik, sebaiknya turuti keinginan mertua Anda tersebut.

  1. Hidup Terpisah dengan Mertua

Tidak tinggal seatap dengan mertua merupakan salah satu solusi terbaik bagi pasangan suami istri untuk meminimalisir sikap mertua yang terlalu mencampuri urusan rumah tangga anaknya. Selain itu, sudah selayaknya bagi pasangan suami istri untuk membangun rumah tangganya sendiri.

Tinggal secara terpisah bukan berarti Anda harus membeli rumah. Anda bisa memulai kehidupan rumah tangga dengan menyewa atau kost keluarga asalkan layak huni. Dengan cara ini, Anda bisa belajar hidup mandiri dan bisa merasakan kehidupan rumah tangga yang tenteram dan damai.

  1. Hindari Perdebatan

Sebisa mungkin, hindari perdebatan panjang yang hanya membuat suasana semakin kacau. Apalagi jika Anda sampai marah dan membantah mertua. Hal ini tentu membuat beliau sakit hati dan merasa kecewa.

Lebih baik, tahan emosi dan dengarkan terlebih dahulu apa yang menjadi keinginan beliau. Jika merasa tidak cocok, bicarakan secara baik-baik tanpa harus berteriak atau membentak. Bila perlu, ajak pasangan untuk berdiskusi secara baik-baik agar bisa menemukan solusi yang terbaik terhadap permasalahan yang terjadi.

  1. Buktikan Anda Mampu Menjaga Keutuhan Rumah Tangga

Dari hasil diskusi bersama pasangan, buatlah kesepakatan antara Anda, pasangan dan mertua. Sampaikan keinginan Anda secara sopan dan santun serta tidak bersikap menggurui. Piawailah dalam melakukan diplomasi hingga apa yang Anda inginkan bisa diterima dengan baik. Ketika hal ini sudah tercapai. Buktikan bahwa keputusan yang Anda pilih tersebut merupakan solusi terbaik bagi Anda dan pasangan.

Cara menghadapi mertua yang selalu ikut campur dalam urusan rumah tangga tidak harus dengan sikap emosi atau marah. Dengan bersikap bijak, mau mendengarkan dan memahami apa yang menjadi keinginan mertua bisa membuat Anda terhindar dari perdebatan yang hanya akan berujung pada percekcokan.

PERTANYAAN / KONSULTASI SILAHKAN HUBUNGI KAMI

WhatsApp Konsultasi Gratis!